Penulisan Karya Ilmiah – Teori dan Praktik

Berlangsung di Gedung STKIP Nurul Huda Kampus B Sukaraja, Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam mengadakan rangkaian acara Diklat Penulisan Karya Ilmiah tahun 2021. Yang diikuti oleh 164 Mahasiswa dan Mahasiswi STKIP Nurul Huda. Dimana kegiatan ini dilaksanakan guna melatih mahasiswa dan mahasiswi untuk lebih paham tata cara penulisan karya ilmiah.

Para Pemateri dan Pihak Rektorat STKIP Nurul Huda

Dhea Fitria ketua panitia Diklat penulisan karya ilmiah mengatakan, pemberian materi penulisan karya ilmiah dengan model pelatihan menggunakan aplikasi Mendeley dan SPSS, menganalisis data kualitatif, mengonversi artikel sesuai template dan mensubmit jurnal online oleh para dosen pemateri secara bergilir.

“Kita sangat berterima kasih kepada dosen yang telah memberikan materi karya ilmiah ini, dengan harapan kedepan mahasiswa dan mahasiswi mampu menulis skripsi dengan baik dan benar,” jelasnya.

Materi yang disajikan dalam kegiatan ini adalah:

  1. Bedah Buku “Penulisan Karya Ilmiah” yang diterbitkan oleh TIM Dosen PAI STKIP Nurul Huda.
    Oleh: Romdloni, M.Pd.I
  2. Sitasi Jurnal Online menggunakan aplikasi Mendeley
    Oleh: Sholeh Hasan, M.Pd.I
  3. Analisis data kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS
    Oleh: Marlina, M.Pd.I
  4. Analisis data kualitatif
    Oleh: Dr. Ahmad Sodikin, M.Pd
  5. Konversi artikel sesuai template
    Oleh: Suhartono, M.Pd.I
  6. Submit Jurnal online
    Oleh: M. Ikhsanudin, M.Pd.I
Pemaparan Materi

Sementara Sholeh Hasan, M.Pd.I selaku ketua Prodi PAI STKIP Nurul Huda mengatakan, menulis merupakan aktualisasi proses berfikir, cerminan intelektualitas, oleh karena itu, menulis juga bagian dari pembelajaran akademik yang penting.

“Sengaja kami inisiasi kegiatan ini untuk membangkitkan hiroh penelitian dan karya ilmiah lainnya di mana ini bagian integral dari tri darma perguruan tinggi” Ujar Beliau.

Foto bersama pemateri dan panitia

Kemudian lanjutnya saat menyampaikan materinya membeberkan garis-garis besar dalam dunia kepenulisan, teknik-teknik dan kiat-kiatnya. Jadi sebelum menulis, harus faham teknik penulisannya seperti penulisan huruf kapital, analisis data kualitatif maupun kuantitatif hingga bagaaimana mensitasi pada jurnal atau buku secara benar.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.